Etika Bisnis

 Assalamu'alaikum Wr. Wb.

            Halo semuanya, perkenalkan nama saya Ahmad Fauzan. Saya merupakan mahasiswa baru di Universitas Jember dari prodi Teknologi Informasi. Pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan resume Etika Profesi yaitu, Etika Bisnis yang telah dilaksanakan  di Gedung A Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember.


image by vecteezy


BISNIS DAN ETIKA BISNIS

    Bisnis ialah entitas produktif, sebuah organisasi (individu atau kelompok) dengan tujuan menciptakan barang dan jasa untuk dijual, umumnya dengan niat mendapatkan keuntungan.

    Etika bisnis merupakan bagian dari etika profesi yang mengatur prinsip-prinsip dan permasalahan etika dalam konteks bisnis. Berlaku pada seluruh aspek bisnis, termasuk produksi, distribusi, pemasaran, penjualan, dan konsumsi barang serta jasa. Etika bisnis berasal dari individu, aturan organisasi, atau pun sistem hukum yang berlaku. Beberapa kata kunci dalam etika bisnis meliputi moralitas, perilaku, kepercayaan, keandalan, tanggung jawab, prinsip, hubungan, dan pilihan.


E-COMMERCE

            E-Commerce adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan website dinamis (dynamic presence) pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik, atau dengan kata lain memiliki sebuah toko online (Chitrangda, 2014). Melalui e-Commerce, produk dapat diiklankan, dijual dan dibayarkan secara elektronik. Kelebihan terbesar dari e-Commerce adalah kemampuan untuk menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan verifikasi dan validasi transaksi kartu kredit. Secara cost dan jangkauan pasar, e-commerce jauh lebih unggul dibandingkan conventional store.

            Berikut merupakan benefit atau manfaat yang kita dapatkan dari e-commerce:

  1.        Access to a Global Market, akses terhadap pasar global.
  2.      Cutting Out the Middleman, penjualan langsung tanpa melalui perantara/pihak ketiga.
  3.        A Level Playing Field, usaha kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar.
  4.       Open 24 hours a day, melakukan jual beli kapan saja.
  5.        Greater Customer Satisfaction, mampu membentuk loyalitas konsumen.
  6.        Reduced Marketing Costs, mengurangi biaya pemasaran produk secara konvensional.
  7.       Better Customer Information, perusahaan mendapat informasi detail tentang konsumen.
  8.       Security, keamanan transaksi, verifikasi otomatis, keamanan situs.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form